Minggu, 14 Desember 2008

Parfum Kematian

Setiap orang memiliki rasa malu terhadap bau badannya. Berbagai cara dilakukan agar bau tersebut tidak tercium oleh orang di sekitarnya dan juga lawan jenisnya. Salah satunya adalah memakai parfum atau deodorant. Kemudian bau badan itu tersamari oleh bau parfum yg lebih dominan. Sehingga tubuh itu menjadi harum dan memikat. Mengenai tujuan dari penggunaan parfum itu untuk memikat dan menggoda lawan jenis maka hanya ALLAH dan si pemakainya-lah yang tahu hal itu. Sedangkan fungsi utama parfum itu adalah menghilangkan bau badan si pemakainya.

Orang yg hidup sering merasa terganggu oleh rekan/ temannya yg memiliki bau badan, sehingga kadang orang itu menutup hidungnya atau menjauhi temannya itu. Sebagai teman yg baik, mungkin orang itu menyarankan agar temannya itu memakai parfum atau deodorant. Dan banyak sekali pilihan produk duniawi itu untuk digunakan oleh setiap orang yang hidup yang membutuhkannya.

Pernyataan di atas adalah pembuktian rasa malu seseorang yang masih hidup terhadap bau badannya. Tapi, pernahkan kita mendengar keadaan jenazah yang sangat bau, atau setidaknya berbau tidak sedap? Karena kondisi orang-orang yang telah mati itu berbeda-beda, begitu dengan cara orang itu mati sampai ditemukannya orang itu dalam keadaan mati pun juga berbeda.

Seseorang yang telah mati tentulah membutuhkan bantuan orang yang masih hidup untuk mengurus jenazahnya. Kondisi ini membuktikan bahwa seseorang selalu membutuhkan orang lain baik ketika ia hidup dan juga ketika ia sudah meninggal dunia. Namun ada kalanya orang yg telah mati itu mempunyai kondisi yg sangat merepotkan, termasuk soal bau mayatnya yang sangat mengganggu orang yang mengurusi jenazahnya. Sungguh merepotkan ya? Karena orang yg mengurusnya harus membubuhi parfum ke seluruh tubuh jenazah itu. Dan bisa dibayangkan berapa botol yang habis untuk menutupi bau yg tidak sedap itu? Ironisnya mungkin ketika hidup orang itu sering memakai minyak wangi bahkan sangat banyak koleksi minyak wangi di rumahnya. Tapi, segala situasi kondisi yg ia lakukan semasa hidupnya yg mungkin juga menyebabkan orang itu mati dalam keadaan berbau tidak sedap. Dan di saat orang itu meninggal orang tersebut tidak mampu menutupi keadaan dirinya yang memalukan itu. (semoga kita termasuk orang yang beruntung, amin-Red).

Dalam agama Islam disunnahkan memberikan wewangian pada jenazah. Dan tentulah parfum/ minyak wangi yang digunakan itu adalah produk yang di jual di pasaran. Tapi pernahkah anda menemukan Produk Duniawi yg di jual di pasar di mana produk itu mempunya fungsi agar di saat orang itu meninggal bisa dalam kondisi yang harum tanpa memakai parfum? Kayaknya ngga ada deh...

Tapi banyak sekali kisah-kisah nyata yg bukan semata-mata karangan orang, yg membuktikan bahwa ada beberapa kondisi orang yang meninggal dalam keadaan harum, bahkan sangat harum. Kondisi itu mungkin pernah anda temukan. Dan apakah kita tidak ingin ketika kita meninggal nanti jenazah kita dalam keadaan yang harum? sehingga kita tidak merepotkan orang yg mengurus jenazah kita saat itu. Pasti jawabnya adalah iya, kita mau meninggal dalam keadaan yang harum, bahkan sangat harum, di mana jika jenazah itu di bawa ke sebuah masjid untuk dishalati, maka seluruh ruangan masjid itu akan harum karena adanya si mayit tersebut. Subhanallah. (semoga ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala memberikan RahmatNya kepada kita semua, amin).

Lho, kalau produk seperti itu tidak di jual di pasar, lalu dari mana atau bagaimana cara nya kita agar bisa meninggal dalam keadaan yg seperti itu? Sepertinya pertanyaan seperti itu sangat jarang terlintas dalam benak orang yg masih hidup. Jawabannya adalah Hal seperti itu dapat diraih dengan Keikhlasan seseorang dalam melaksanakan segala perintah ALLAH dan menjauhi segala larangan ALLAH, dengan tujuan untuk meraih Ridha ALLAH dan agar dapat melihat Wajah-Nya pada hari kiamat nanti, di mana niat dan ibadah orang itu tidak ternodai oleh kesyirikan, baik itu Syirik Besar maupun Syirik Kecil yang disertai Rasa Takut dan Rasa Malu kepada Rabb Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan setiap makhluk-Nya.

Satu hal yang juga mungkin yg jarang terlintas di benak seseorang adalah sebenarnya untuk bisa meninggal dengan kondisi yang harum seperti itu bisa diminta kepada ALLAH, Tuhanku dan Tuhanmu Yang Maha Pemberi. Apa Yang Tidak Mungkin bagi ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala untuk membuat hambaNya mati dalam keadaan Mulia? Semua itu adalah sangat mudah, hanya saja kembali kepada Kita yaitu seorang hamba yang masih hidup yang masih diberi kesempatan untuk menentukan masa depan kehidupan dunia dan akhiratnya.

Semoga kita termasuk hamba-hambaNya yang beruntung, Allahumma Amin.

Tidak ada komentar: